RETHINGKING JAVA
- Editor java bisa menggunakan
teks editor apa saja: notepad? edit plus? Kawa? Netbeans? Jbuilder? JCreator?
- Prinsip-prinsip dasar :
- Satu buah file java harus berekstensi .java, satu file boleh terdiri dari banyak kelas, namun hanya bisa terdiri dari satu public class.
- Nama file java harus sama dengan nama public class nya. Misal nama public class adalah : public class HelloWorld, berarti nama filenya adalah HelloWorld.java
- Ingat di Java case-sensitive, termasuk nama file dan folder nya. Java sangat memperhatikan susunan folder/direktori, terutama untuk sebuah package.
- Satu buah class sederhana minimal ada kata kunci class nama_class. Sebuah class boleh tidak memiliki atribut dan method. Sebuah aplikasi java harus berupa class, dan jika di compile dengan javac akan menghasilkan file berekstensi .class untuk masing-masing class yang ada.
- Sebuah class hanya dapat dieksekusi jika di dalamnya ada method public static void main. Jika tidak ada method main maka class tersebut hanya bisa dicompile dan tidak bisa dieksekusi.
- Sintaks java rata-rata mirip dengan bahasa C.
-
Terdapat beberapa konvensi
(aturan) dalam java:
nama variabel primitif
biasanya ditulis dalam huruf kecil. Contoh : int
- nama variabel berupa Object / Class ditulis dimulai huruf besar. Contoh : String, Integer, Byte, Boolean.
- nama method untuk mengambil data bisanya diberi awalan getNamaMethod(), sedangkan method untuk mengeset data biasanya diberi awalan setNamaMethod(tipedata variabelset). Contoh:
§ Public void setNama(String
nama);
§ Public String getNama()
- nama variabel biasanya dimulai dengan huruf kecil dan jika lebih dari satu kata, disambung dan ditulis dengan huruf pertama huruf besar. Contoh: int angkaRandom = 0, String namaMahasiswa
-
Ada 3 jenis modifier variabel dalam Java:
- private : hanya dapat diakses oleh kelas itu sendiri
- protected : hanya dapat diakses oleh kelas itu dan kelas turunannya atau masih dalam satu package.
- public : dapat diakses oleh seluruh kelas yang ada.
-
Java mengenal operasi control flow :
- Percabangan : if-else, switch-case
- Perulangan : for, while-do, do-while
- Penanganan Exception : try-catch-finally, throws
KONSEP OOP
- Class : prototipe yang mendefinisikan atribut dan method secara umum.
- Object : segala sesuatu yang dapat dilihat dan dirasa. Sebuah instansiasi dari Class.
- Object dapat memiliki atribut dan method. Atribut / variabel / properties adalah apa yang dimiliki oleh sebuah object. Sedangkan method / behaviour / event adalah apa yang dapat dilakukan oleh sebuah object.
- Enkapsulasi : pembungkusan atribut dan method pada suatu object. Manfaatnya adalah: modularitas dan information hiding.
- Message : mekanisme yang digunakan oleh object java untuk berkomunikasi dengan object lain. Sehingga dimungkinkan terjadi aplikasi terdistribusi dan berinteraksi melalui jaringan. Contoh : Java-CORBA dan Java-RMI.
- Inheritance : pewarisan atribut dan method dari class induk ke class anaknya, yang mengextends padanya. Superclass adalah class induk, subclass adalah class anak. Subclass akan mewarisi seluruh sifat super class, namun juga memungkinkan dapat juga memiliki atribut dan method yang lain, yang membedakannya dengan induknya.
- Abstract : kelas yang hanya terdiri dari method yang abstract yang digunakan untuk mendukung inheritance.
- Interface : kelas yang hanya terdiri dari kumpulan method-method saja tanpa implementasi coding.
0 komentar:
Post a Comment